4 Great Reasons to use Google Analytics | 4 Alasan Tepat menggunakan Google Analytics

4 Great Reasons to use Google Analytics | 4 Alasan Tepat menggunakan Google Alalytics

4 Alasan Tepat menggunakan Google Alalytics


Pernahkah Anda mengalami pengunjung web yang jumlah nya cukup banyak ?, hmmm…Google Analytics diperkenalkan untuk membantu hal ini.
Feature buatan mang google ini, membantu dalam menganalisa web Anda, salah satunya adalah jumlah pengunjung. Feature ini memungkinkan kita untuk menganalisa web lebih jauh lagi.
But first… What is Google Analytics?
Tapi…, Apa sih Google Analytics itu?
Analytics merupakan utillities / tool analisa yang dimiliki Google, tool ini memungkinkan webmaster mengindex dan menganalisa traffic pengunjung, termasuk jumlah dan waktu kapan berkunjung, asal pengunjung, sifat dan trend yang diminati pengunjung, lama waktu berkunjung pada sebuah halaman situs, serta hosting dan informasi lainnya dari pengunjung, kesemuanya diperoleh melalui Rangkaian JavaScript yang diikutsertakan dalam Source Code Analytics.
Unlike other free visitor trackers
Ga sama kaya Visitor Tracker gratisan lainnya
Biasanya tracker gratisan yang laen merekomendasikan kita untuk menempatkan tanda / kode khusus yang dipasang di halaman website…nah tidak demikian bagi Analytics. Tool ini bekerja secara diam-diam di “belakang layar” tanpa mengganggu tampilan website dengan link2 pengkodean khusus untuk tracker.. QUIET AND GREAT (diam dan tepat) begitulah penulis menyebutnya.
Which brings me quite neatly
Bagian mana yang membuatku merasa cermat dan tepat dalam menganalisa ?
Kecermatan dan ketepatan dalam menganalisa, adalah nilai plus dan merupakan harga utama. Hal yang harus didapatkan webmaster dengan efektif telah terpenuhi dengan memadai,semuanya bersumber dari analisa, tanpa ada “efek samping” yang ditimbulkan… hmmm…dan ini semua gratis…..Lalu apakah hal ini pertanda baik?
Hahaks, tentu saja jawabannya Ya
Mengingat, serangkaian data gratis yang tersebar luas di dunia maya, sangat diharapkan / diidamkan oleh netter sedunia.
Sekedar Informasi, pada tanggal 18 Juli 2007, User Interface Google Analytics yang lama dah dinonaktifkan, dialihkan ke interface yang baru. Laporan yang lebih bersifat “ergonomik” semakin membuat user Analytics merasa nyaman. Dashboard barunya pun menyediakan “at a glance” statistik pengunjung bulan sebelumnya. Untuk urusan user friendly tenang aja, gambar pie chart telah ditambahkan pada fieature ini, untuk melihat grafik pengunjung yang mengakses halaman.
What makes Google Analytics special though?
Apa yang membuat Google Analytics menjadi special?
Analytics menyediakan bermacam feature dan statistik data yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan tracker keyword visitor, sehingga feature-feature nya dapat dijadikan sebagai tool pendukung pada setiap informasi yang dibutuhkan user.
1. The Map Overlay
Tampilan Peta
Pada Intinya, feature ini menampilkan peta dunia secara keseluruhan, highlight negara asal pengunjung. Klik pada nama negara di peta untuk menampilkan detail asal pengunjung secara detail, mulai dari propinsi dan kota bisa ditampilkan dengan jelas.
2. The Site Overlay
Tampilan Situs
Diperuntukkan bagi webmaster dan pemilik situs yang sedang online. Saat user mengklik Bagian “Site Overlay” ini, window baru pun akan terbuka, menampilkan tracking website, setelah waktu loading masing-masing link yang tertuju pada website akan ditampilkan di bar window nya, berisi informasi tentang target halaman klik dan informasi lainnya tentang link klik tersebut. Saat pertama kali dikembangkan, feature ini memaksa team support untuk bekerja keras mencari jalan keluar cara mentracking website pada tampilan di halaman itu juga. Alhasil bisa kita lihat kerja keras mereka saat ini.
3. Goals and Funnels
Traffic yang diinginkan dan point utama nya
Sekalipun situs yang ditracking tidak memenuhi traffic keyword yang diharapkan atau bukan merupakan point utama sebuah website, feature Goals & Funnels membantu user untuk men-set up goals spesifik dari websitenya. Misalkan saja traffic keyword yang diharapkan adalah “Thank you for your enquiry” pada halaman terimakasih online Shop Anda. Ternyata keyword utama “Thank you for your enquiry” tidak diktemukan sebagai point utama dari website Anda. Nah dengan men-set up bagian feature goals and funnels , Analytics juga dapat mentracking halaman yang kontennya Yakni ucapan terimakasih pada website Anda. Itu artinya walaupun point utama “Thank you for your enquiry” tidak ada, tapi tetep saja Analytic akan mentracking bagian lain yang mengarah ke tracking yang diharapkan.
4. Graphical Representations
Penyediaan sistem informasi dengan konsep grafik
Dari sekian banyak pengunjung di luar sana, membawa beragam informasi tentang diri mereka. Hal ini dibutuhkan juga oleh tracking Analytics. Sehingga data informasi ini akan ditampilkan ke dalam bentuk grafik cart, seperti pie-chart, flow-chart dan lainnya. Tentu saja pihak Analytics sudah dapat menjamin kebenaran dari masing – masing grafik yang ditampilkan dan hasil informasi yang tercipta merupakan kenyataan yang didapat dari tracking sebenarnya.
Dengan Google Analytics, akan memungkinkan user untuk dapat memilih antara menampilkan report secara keseluruhan atau detail per sub laporan sampai ke bagian hasil yang paling minoritas sekalipun.
Hal ini akan membantu user untuk menganalisa bagian laporan mana saja yang cocok dengan yang diharapkan nya.
Wah wah waaaaaahhh detail banget yak…!
Kesimpulan Akhir:
Google Analytics merupakan feature yang disediakan untuk webmaster dan seluruh pengguna / aktifis internet secara onlline, untuk men-tracking / meng-analisa data pengunjung, sangat mudah digunakan tanpa perlu menyiapkan link – link / icon tracker di bagian tertentu halaman website.
Saran utama nya adalah, Google Analytics merekomendasikan dunia maya untuk menggunakan fantastik tool ini pada website, untuk mem-booming kan website sekaligus sangat berguna bagi dunia marketing maya.
Selamat mencoba dan menikmati layanan dan kecanggihan Google Analytics.
Penulis,
Hairul Azami
Sumber: Sasch Mayer IceGan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *